- Pengertian SEO
MANFAAT DAN KEUNTUNGAN SEO :
a. Ranking dan traffic. Peringkat yang baik memungkinkan traffic yang datang dari search engine sangat besar.Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian search engine . Apa yang dioptimalkan? Website dan visibilitasnya di dunia internet. Meski SEO merujuk pada frasa, namun sebenarnya yang disesuaikan dan dioptimalkan adalah website-nya, agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan aturan algoritma mesin pencari.
b. Brand awareness meningkat. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness). Meskipun pada awalnya tidak bergitu berefek pada tingkat penjualan, namun brand awareness dapat menjadi tolak ukur eksistensi perusahaan, produk atau web di mata publik. Mereka akan mengenal dengan baik web, perusahaan dan produk/layanan Anda. Pada perjalanan panjangnya Anda akan menemukan selling point yang tepat guna meningkatkan jumlah penjualan dan daya jual produk atau jasa yang ditawarkan.
c. Visibilitas dan Otoritas. SEO memungkinkan web Anda memiliki visibilitas dan otoritas di search engine serta dunia internet dalam jangka waktu yang relatif panjang, tentunya bila didukung oleh praktek SEO yang baik dan sehat (whitehat) karena cara-cara yang buruk seperti spamming, kata kunci stuffing, cloaking, membuat dooway pages dan praktek-praktek blackhat SEO lainnya akan melukai website Anda. Efek SEO curang dalam jangka waktu pendek akan mendapat penalti sangat besar, sehingga usaha brand building yang sedang dilakukan dapat rusak jika website telah dicap sebagai spammer.
d. Revenue atau ROI tinggi. Kampanye SEO yang dilakukan dengan baik dan efisien akan memberikan ROI atau hasil investasi jauh lebih besar dibanding kampanye-kampanye marketing/advertising lainnya., karena SEO tidak membutuhkan biaya apapun kecuali jika Anda menggunakan jasa SEO. Ada satu hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan jasa SEO, pastikan benar yang mengerti tentang SEO dan tidak melakukan praktek blackhat karena dapat merugikan web dan bisnis Anda kedepannya.
2. Cara Kerja SEO
Memahami prinsip kerja mesin pencari merupakan awal yang baik untuk menguasai SEO lebih jauh. Ketika seseorang melakukan pencarian di Google hasilnya dapat begitu cepat dihadirkan sesuai query yang diinginkan. Bagaimana Google dapat menemukan halaman-halaman web yang sesuai dengan query tersebut? Bagaimana pula cara Google menentukan urutan-urutan list dalam hasil pencarian?. Dalam perumpamaan sederhana Google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah digunakan, dan mudah dicari. Ketika user melakukan pencarian, program Google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relavan sesuai dengan yang dicari. Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan Google dapat melakukan hal tersebut yaitu: crawling, indexing dan serving/delevering.
a. Crawling
Crawling adalah proses Googlebot (dapat juga disebut sebagai robot, bot spider, spiderbot) mencari halaman-halaman baru atau yang diperbaharui untuk ditambahkan ke dalam indeks google. Google menggunakan beberapa set komputer untuk mengambil miliaran halaman web. Program.
Googlebot inilah yang bertugas melakukan pekerjaan tersebut dengan menggunakan algoritma untuk menentukan website atau halaman web mana saja yang akan diambil, seberapa sering crawl dilakukan dan berapa banyak halamanweb yang akan diambil dari sebuah web.
Proses penelurusan Google diawali dari list URL halaman web yang didapat dari proses crawling sebelumnya ditambah dengan referensi sitemap yang didaftarkan oleh para webmaster. Ketika Googlebot mengunjungi masing-masing halamaan website, maka akan menemukan link-link baru sebagai rujukan untuk ditambahkan ke dalam halaman indeks guna proses crawling selanjutnya. Perubahan pada website atau halaman web, dan link-link mati (dead links) atau rusak (broken links) menjadi referensi untuk memperbaharui indeks dengan hasil terbaru.
Googlebot dijalankan dari beberapa mesin sekaligus untuk meningkatkan performa dan proses. Hal ini disebabkan web terus berkembang dan halaman web yang harus di-crawl semakin bertambah. Mesin-mesin yang mendistribusikan Googlebot tersebut letaknya tersebar di beberapa titik server. Tujuannya agar proses crawling suatu website cepat dilakukan melalui server terdekat dengan website tersebut.
b. Proses Pengindeksan(Indexing)
Googlebot kemudian memproses masing-masing halaman yang ditelusurinya untuk mengumpulkan seluruh kata yang dibaca dan lokasi yang ditemukan kedalam sebuah indeks besar. Selain teks atau kata, Google juga memproses segala informasi atau tipe konten yang terdapat pada halaman web, baik dalam bentuk tag-tag script seperti: p (paragraph), a (link), head, body, meta, title serta atribut alt, rel, href, dan lain-lain. Namun Googlebot tidak dapat membaca dan memproses tipe file rich content seperti flash atau frame dan halaman-halaman dinamis.
c. Serving/Delevering(Menampilkan Hasil Pencarian)
Ketika pengguna mesin pencari Google mengetikkan kata kunci tertentu di kotak pencarian (menuliskan query), mesin pencari akan mencari konten ke dalam indeks dan kemudian menampilkannya sebagai daftar hasil pencarian. Hasil pencarian tersebut dapat dipercaya Google sebagai hasil yang paling relevan bagi pengguna. Semakin besar daftar nomor urutan (semakin kebawah) semakin kecil nilai relevansinya. Tentu relevansi tidak hanya didasarkan pada kata kunci, tapi juga terdapat faktor lain salah satunya adalah PageRank. PageRank ini berkaitan dengan SERP yang selalu berubah setiap harinya, bahkan setiap jam. Selain PageRank faktor lain yang sangat berpengaruh diantaranya; struktur/navigasi web, isi web(konten), popularitas web/link, dan lain-lain.
Untuk mendapatkan ranking pencarian yang baik Anda harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan website terlebih dahlulu atau menjadi prinsip dasar SEO, yaitu memastikan bahwa Googlebot dapat menelusuri seluruh konten halaman webiste dengan baik, yang semuanya berkaitan dengan onpage SEO, misalnya penggunaan sitemap xml, sitemap HTML, menyusun strukur web yang komprehensif, penggunaan meta description dan title serta kualitas konten yang baik.
3. Kata kunci dalam SEO
Riset kata kunci adalah suatu aspek vital dari perencanaan Search Engine Optimizaton, jika website Anda memasang kata kunci yang salah, mesin pencari dan konsumen Anda tidak akan menemukan website Anda. Proses riset kata kunci dapat di jabarkan dalam beberapa poin berikut ini.
a. Ciptakan daftar kata kunci dan cek daftar tersebut
Langkah pertama dalam proses adalah membuat daftar potensial kata kunci. Pikirkan semua kata-kata yang akan di ketikkan pengunjung dalam kotak mesin pencari untuk menemukanwebsite Anda.
b. Gunakan tool riset kata kunci
Ketika Anda akan membuat sebuah website untuk bisnis Anda, tentunya Anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Langkah pertama yang sangat penting dan harus Anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di mesin pencari untuk mencari informasi yang butuhkan. Sebagai contoh Anda hendak memasang kata kunci "tutorial photoshop", sebelumnya Anda tidak tahu berapa nilai persaingan, dari kata kunci "tutorial photoshop" tersebut, semakin tinggi nilai persaingan maka semakin banyak pengunjung mencari kata kunci tersebut.
Bagaimana caranya? Nah dalam mencari perbandingan nilai kata kunci kita dapat menggunakan beberapa tool yang tersedia di internet, ada yang gratis dan ada yang bayar, Anda dapat melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Adwords: Kata kunci Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis.
c. Pastikan daftar kata kunci
Anda sekali lagi Dibagian ini Anda tahu sendiri apa yang harus nya di lakukan, apakah memilih kata kunci yang mempunyai persaingan tinggi atau persaingan rendah(Niche market).
d. Siapkan langkah dalam menuliskankata kunci tersebut.
Kata kunci merupakan faktor penting dalam SEO, oleh karena itu Anda harus mngetahui dimana sajakah kata kunci dapat dituliskan. Kata kunci dapat ditulis pada.
1) Title Tag
Gunakan kata kunci utama pada title halaman web. Isi dari tag <title>Important Words Go Here</title> sangat berpengaruh pada rangking mesin pencari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar